Dari mana Anda tahu kalau berat badan Anda belum ideal? Kapan Anda harus mulai mengubah gaya hidup? Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan kuat? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini tidak mungkin bisa dijawab sebelum Anda mengetahui berapa berat badan Anda saat ini. Bukan hanya kolesterol, tekanan darah atau gula darah saja yang harus dipantau secara rutin. Berat badan juga demikian. Itulah pentingnya timbangan berat badan. Itulah kenapa timbangan berat badan menjadi alat wajib bagi gym center dan instansi kesehatan.

Mengantisipasi Kenaikan atau Penurunan Berat Badan yang Signifikan dengan Timbangan Berat Badan

Informasi seputar berat badan bisa menunjukkan banyak hal. Kesehatan seseorang bahkan bisa dipantau dari berat badannya. Berat badan berlebih misalnya. Dalam kondisi seperti ini, risiko diabetes akan meningkat. Begitu pula dengan risiko penyakit kardiovaskular. Hal senada juga terjadi saat berat badan kurang ideal. Daya tahan tubuh yang lemah tentu akan meningkatkan risiko terserang penyakit.

Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan tidak selalu menjadi pertanda bagus. Keduanya sama-sama memiliki konsekuensi, terlebih jika kenaikan atau penurunan berat badan seperti ini terus terjadi. Bukan hanya mengganggu penampilan. Penurunan berat badan yang signifikan juga bisa menjadi pertanda adanya serangan penyakit berbahaya.

Memantau berat badan secara berkala dengan menggunakan timbangan berat badan membantu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Bagaimanapun juga, tidak ada yang namanya berat badan naik atau turun secara signifikan. Keduanya terjadi secara bertahap. Hanya saja yang membedakan adalah kapan Anda menyadarinya. Semakin cepat Anda menyadari kenaikan atau penurunan berat badan, semakin cepat pula langkah antisipasi bisa dilakukan.

Menghindari Penyakit yang Lebih Serius, Meningkatkan Harapan Hidup

Mengetahui informasi seputar berat badan tidak hanya membantu menjawab pertanyaan yang sangat mendasar. Apakah berat badan sudah ideal? Apakah tubuh dalam kondisi sehat? Menggunakan timbangan berat badan juga membantu dalam meningkatkan harapan hidup. Tapi bagaimana itu bisa terjadi?

Banyak penyakit berbahaya yang ditandai dengan menurunnya berat badan. Kanker, diabetes dan penyakit tiroid, sebelum ketiga penyakit tersebut berkembang, penderita biasanya akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Penurunan yang terjadi berkisar di angka 5% sampai 10% dalam waktu 3 hingga 6 bulan. Jika ini terjadi, pemeriksaan lebih lanjut harus segera dilakukan.

Tapi bagaimana jika terlambat menyadarinya dan tidak mendapatkan penanganan secepatnya? Bagaimana jika berat badan sudah terlanjur turun drastis dan penyakit sudah berkembang lebih serius? Tentu saja, semua itu tidak perlu terjadi jika pemantauan berat badan dilakukan secara berkala. Semua itu bisa saja dihindari jika Anda rutin menggunakan timbangan berat badan.

Mengukur Berat Badan Secara Akurat, Awal dari Penanganan yang Tepat

Data dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Semakin akurat data yang diperoleh, semakin tepat keputusan yang bisa diambil. Dalam dunia medis, akurasi data menempati posisi yang lebih vital lagi. Tanpanya, akan sulit untuk menentukan penanganan medis yang tepat. Bahkan untuk menentukan diet apa yang cocok atau gaya hidup seperti apa yang tepat, dibutuhkan informasi akurat tentang berat badan. Untuk itulah akurasi timbangan berat badan tidak boleh diabaikan.

Sebagai pusat jual timbangan berat badan, Kredoaum memiliki beragam jenis timbangan dari brand ternama dunia. Setiap produk yang ada memiliki akurasi tinggi. Tidak hanya timbangan berat badan biasa, Kredoaum juga memiliki koleksi body composition analyzer yang mampu menganalisis kondisi tubuh secara lebih menyeluruh.